Baca Juga

Antena Panel 21 dBi
Antena Panel 21 dBi
Bismillahirrahmanirrahim... pada kesempatan ini saya ingin menyimpan tulisan ini biar saya tidak mencari cari lagi di dunia maya, kalo istilah menurut para ahli sebagai referensi katanya.. hehe.

Pada postingan ini saya akan ingin menyimpan artikel Cara Membuat Antenna Panel 21dBi yang saya ambil dari opensource telkom speedy, jika soabt memlukannya silahakn saja di baca-baca.

Untuk membuat antena Panel ini cukup mudah dan gampang, bahan bahannya juga tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya. yang sobat pelukan diantaranya :
  1. 1 Buah PCB ukuran 33 cm X 45 cm
  2. Pola untuk di sablon di atas PCB sobat bisa download filenya pada link di bawah ini

Dalam pembuatan antena panel 21 dBi ini ada beberapa tahap,

Tahap pertama bawa  File yang di download diatas ke tukang cutting stiker, dan pastikan kualitas stikernya bagus, atau bisa di coba oleh sobat sendiri biar ngirit biaya, hehe..
Antenna Panel 21dBi
Pola Antenna Panel 21dBi

Tahap Kedua, setelah stiker tebentuk sesuai dengan pola, tempelkan  stiker yang tadi pada PCB berukuran  33 cm X 45 cm, dan jangan sampai ada stiker yang melendung, karena PCB tersebut akan di masukan pada AIR Panas.
Tempel Stiker Pada PCB
Tempel Stiker Pada PCB
Tahap Ketiga larutkan  PCB yang telah ditempel dengan  Stiker pada Feroclorid dan jangan lupa Feroclorid harus di campur dengan air panas yang mendidih, terus goyang goyang supaya temabag yang terdapat pada PCB tekikis habis.

PCB dalam Feroclorid
PCB dalam Feroclorid
Tahap Ke Empat, Lepaskan stiker yang terdapat pada PCB 
Pelepasan Stiker Dalam PCB
Pelepasan Stiker Dalam PCB
Tahap Kelima Pelapisan Antena Plat Dengan Pernis/Pilok, Hal ini penting sekali anda lakukan, lapisi antenna flat anda dengan pernis, ada beberapa cara melapisinya bisa dengan pilok pernis atau bisa juga menggunakan songka (gondorukem) yang dicairkan dengan thiner.

Pernis.Pilok PCB
Pernis.Pilok PCB
Tahap Ke Enam Pasang Reflektor dan Konektor, untuk bahan reflektor sebaiknya menggunakan bahan dari aluminium agar tidak mudah korosi, terus pasang N Connektor Female
Pasang N Connektor Female
Pasang N Connektor Female
Tahap Ke Tujuh Solder bagian depan antena flat ini,. hati-hati jangan terlalu panas soldernnya karena akan merusak element tembagannya jika terlalu panas, kemudian pasang mounting antenna, anda bisa membuat mounting antenna ini dengan menggunakan plat besi di tukang-tukang las, awas jangan sampai salah pasang mounting, karena dengan munting ini kita dapat memasang antenna flat ini dengan polarisasi Horizontal, Vertical, bahkan Diagonal, jangan sekali lagi jangan sampai salah membuat dan memasang mounting ini.

Pasang Mounting pada Antena
Pasang Mounting pada Antena
Tahap Ke Delapan Membuat Tutup Depan, anda bisa menggunakan paralon yang besar.. belah menjadi dua bagian, kemudian di panaskan dengan kompor gas hingga berberntuk lurus, rata dan bisa di bentuk, kemudian list pinggirnnya di buat dengan alumunium, kemudian rivet,  jangan lupa di sela-sela antena yang kemungkinan dapat dimasuki air sebaiknya di leb menggunakan lem silicon atau lem bakar.

Pasang Tutup Depan Antena Panel
Pasang Tutup Depan Antena Panel
Tahap Terakhir yaitu Tahap Testing, jika semuanya sudah beres kita tinggal tes antena Antenna Panel 21dBi buatan kita, hehe.

Oke sobat semua saya rasa cara membuat Antenna Panel 21dBi sampai disini, smoga bermanfaat, Good Luck Happy Blogging.
Source From http://opensource.telkomspeedy.com/                 
 
Axact

Z-PLATE

Terima Kasih Telah Berkunjung dan Berkanan Membaca artikel dari Blog Kami, Silahkan Masukan Komentar Untuk menambah Motivasi Kami.

Post A Comment:

2 comments: