Baca Juga

Bismillahirramanirrahim.... pada postingan ini sesuai dengan judul di atas yaitu cara membuat Form Registrasi di Google Doc, saya rasa sobat sudah pada tahu apa itu google doc, jika belum tahu saya beri gambaran sedikit tentang google doc.

Menurut wikipedia Google Doc adalah layanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis dari Google, jadi jika kita mempunyai akun di google kita bisa menggunakan fasilitas yang ada di google doc.

Di google doc itu bisa apa saja??? kalo kita melihat dari deskripsi di atas, dalam google doc kita bisa mengolah kata layaknya di MS. Word, jadi jika kita mau mengolah kata atau istilah lainnya mau ngetik dan tidak punya aplikasi untuk mengetik seperti MS Word, OpenOffice dan yang lainnya, kita bisa menggunakan google doc sebagai alternatif.

Selain Aplikasi untuk Documen di google doc juga ada pasilitas untuk membuat Pesentasi tidak jauh beda dengan aplikasi Power Point atau yang lainnya yang sering di gunakan untuk membuat persentasi.

Selanjutnya ada aplikasi spreadsheet yaitu aplikasi yang serupa dengan MS Excel yang sering digunakan untuk membuat dan mengolah angka,grafik dan yang lainnya.

Aplikasi yang selanjutnya yaitu aplikasi pengolah gambar/grafik dimana kita bisa mengolah gambar atau membuat dari awal, layaknya Paint dalam Komputer Windows.

Yang terakhir yaitu aplikasi Form, gunanya untuk membuat form, nah yang ini yang saya akan bahas lebih lanjut.

Aplikasi Google Doc
Aplikasi Google Doc
Untuk membuat form registrasi di google doc cukup mudah, langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah login ke google doc, dengan syarat sobat mempunyai akun Google atau mempunyai email di gmail, jika sobat belum punya akun google sebaiknya sobat membuat dulu, jika tidak tau cara membuatnya sobat bisa baca baca pada postingan Cara Membuat Akun Gmail (Google Mail).  

Saya anggap sobat sudah mempunyai akun google, langkah pertama sobat buka alamat google doc di https://docs.google.com/, terus login menggunakan akun sobat.
Langkah selanjutnya sobat pilih Formulir ( jika menggunanakan Bahasa Indonesia)atau Form.
Terus masukan judul Formulir sesuai keinginan sobat.
Langkah selanjutnya pilih template Formulir yang akan sobat gunakan terus klik tombol oke.
Template Formulir Google Doc
Template Formulir Google Doc

Setalah itu sobat tinggal tentukan deskripsi formulir, kosong juga tidak apa apa, sebelum di lanjut sobat harus mengetahui type data yang akan di masukan dalam formulir, dalam form google doc ada beberapa type data diantaranya :
Teks yaitu untuk memasukan teks biasa seperti nama,alamt atau yang lainnya.
Teks Paragrap yaitu type data untuk memasukan teks yang karaternya cukup panjang sperti komentar atau yang lainnya.
Pilihan Ganda yaitu type data pilihan dimana kita harus memasukan opsi opsi untuk pilhan seperti soal dalam ujian.
Kotak Centang yaitu type data dimana user bisa memilih pilihan lebih dari satu dengan cara mencentang atau menceklis pilihan yang telah ditentukan oleh admin.
Pilih Dari Daftar, yaitu type data teks dimana user bisa memilih salah satu dari daftar yang telah ditentukan oleh admin, biasanya digunakan untuk memilih kecamatan,kabuapten, jenis kelamin atau yang sebagainya.
Skala untuk memilih skala dimana admin memasukan rentan angka dan memberikan pilihan diantara rentan angka tersebut, jika belum paham nanti di bawah akan disertkan contohnya.
Kotak, tidak jauh beda dengan Kotak centang disana sobat harus memasukan Opsi-opsi pilhan untuk user.
Tanggal, type data tanggal ini biasanya di gunakan untuk memasukan tanggal.
Dan yang terakhir adalah waktu yaitu type data waktu.
Di Bawah ini adalah contoh type type data
Teks,Paragrap,Pilihan Ganda dan Pilihan kotak Centang
Contoh Type Data Google Doc
Contoh Type Data Google Doc

Di bawah adalah type data Pilih dari Daftar, Skala,Type Kotak,Type Tanggal dan Waktu
Contoh Type Data Google Doc
Contoh Type Data Google Doc

Oke, Jika sobat sudah mengetahui type datanya sobat tinggal atur atur terus buat formnya sesuai dengan data yang diperlukan, jika formnya sudah di buat langkah selanjutnya sobat bisa melihat hasilnya pada link di atas yang bertuliskan lihat bentuk jadi
Lihat Form di Google Doc
Lihat Form di Google Doc

Trus Untuk melihat datanya sobat bisa langsung buka pada google doc sobat, nama file nya biasanya serupa dengan form yang di buat namun ada akhiran (tanggapan) seperti contoh di atas saya membaut form dengan nama Test maka secara otomatis akan terbentuk file tanggapan yang berbentuk filse spreadsheet.
Contoh Form dan Tanggapan yang telah di buat di Google Doc
Contoh Form dan Tanggapan yang telah di buat di Google Doc
oke.. sobat saya rasa postingan pada kesempatan ini di cukupkan sampai disini semoga bermanfaat, jika sobat mau lihat contoh yang telah di buat sobat bisa melihat pada link di bawah ini.
http://goo.gl/T8z7iQ
akhir kata dari saya Good Luck happy Blogging.
  


Axact

Z-PLATE

Terima Kasih Telah Berkunjung dan Berkanan Membaca artikel dari Blog Kami, Silahkan Masukan Komentar Untuk menambah Motivasi Kami.

Post A Comment:

1 comments: